Friday, September 21, 2018

Inilah Sejarah Jaringan Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Inilah Sejarah Jaringan Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Assalamualaikum waroh matullahi wabarokauh .

Baiklah saya akan membahas latar belakang berdirinya jaringan . terkadang kita menggunakan jaringan tapi tidak tau asal mula jaringan padahal kita sudah menggunkan jaringan setiap hari untuk keperluan atau bisnis. Kadang saya juga bingung anak tkj ( tehnik jaringan dan komputer ) padahal di tanya paling dasar apsih itu komputer dan kapan sih jaringan itu dibuat kita hanya plonga-plongo saja kaya idoy ya gak, dan kita mulai saja pokok pembahasan

A. Latar belakang dan sejarah jaringan

Pada tahun 1940-an di Amerika serikat ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama-sama hingga tahun 1950-an.

Jenis- jenis komputer mulai berfariasi sampai terciptanya superkomputer karena mahalnya harga perangkat komputer, ada tuntutan sebuah komputer harus melayani beberapa terminal tuntutan inilah yang mendasari konsep distribusi proses berdasarkan waktu , yang dikenal dengan nama TSS ( time sharing sistem) bentuk aplikasi pertama kali pada sebuah jaringan ( network ) komputer pada sistem tss beberapa terminal terhubung ke sebuah komputer host.

Ketika ukuran komputer mengecil dan harga komputer mulai menurun serta konsep distribusi suadah matang, komputer dan jaringan sudah mulai di gunakan untuk beragam  aktivitas seperti menangani proses bersama atau komunikasi antar komputer ( pear to pear sistem) aktifitas tersebut di lakukan tanpa melalui komputer pusat.

Pada masa ini teknologi jaringan lokal yang di kenal dengan sebutan lan (local area network ) mualai berkembang kemudian demikian pula ketika intetnet di perkenalkan , sebagian besar lan yang berdiri saling berhubungan dan membentuk jaringan berbahasa di tingkat dunia yang di sebut dengan wan ( wide area network)

Itulah artikel saya , dan jangan lupa kunjungi blog materiku dengan artikel lainnya dan semoga bisa membantu lebih bermanfaat. jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati saya mohonmaaf  saya akhiri.

Wassalamualaikum waroh matullahi wabarokatuh